Pages

venerdì 12 settembre 2014

Arsitekur Basis Data

1.Teleprocessing Architecture

Dalam konsep multi user system, teleprocessing merupakan bapak dari semua konsep yang ada atau seni dan ilmu merangcang yang paling kuno. Selain teleprocessing akan ada yang lainnnya diantaranya adalah File-Server Architecture, Client-Server Architecture dan Three Tier Architecture. Konsep yang sederhana. Dalam konsep teleprosesing ini sebuah komputter server langsung terhubung dengan beberapa terminal. Dan pada masa selanjutnya muncul beberapa arsitektur yang telah disebutkan diatas.
           


2.File Server Architecture
 
File server terhubung ke beberapa stasiun kerja melalui sebuah jaringan LAN(Local Area Network). dalam arsitektur ini basis data yang terletak pada file server. LAN berfungsi  sebagai penghubung dalam proses transfer data dari server menuju komputer terminal. Untuk mengendalikan file yang ada di butuhkan sebuah aplikasi dan database management system.



      Arsitektur File Server
  • Model pertama Client/Server
  • Semua pemrosesan dilakukan pada sisi workstation
  • Satu atau beberapa server terhubungkan dalam jaringan
  • Server bertindak sebagai file server
  • File server bertindak sebagai pengelola file dan memungkinkan klien mengakses file tersebut
  • Setiap klien dilengkapi DBMS tersendiri
  • DBMS berinteraksi dengan data yang tersimpan dalam bentuk file pada server
  • Aktivitas pada klien:
  • Meminta data
  • Meminta penguncian data
  • Tanggapan dari klien
  • Memberikan data
  • Mengunci data dan memberikan statusnya



3.Client Server


 

Arsitektur  jaringan Client Server merupakan model konektivitas pada jaringan yang membedakan fungsi computer sebagai Clientdan Server. Arsitektur ini menempatkan sebuah komputer sebagai Server. Nah Serverini yang bertugas memberikan pelayanan kepada terminal-terminal lainnya yang terhubung dalam system jaringan atau yang kita sebut Clientnya. Server juga dapat bertugas untuk memberikan layanan berbagi pakai berkas (file server), printer (printer server), jalur komunikasi (server komunikasi). Sementara, client mengatur interface berfungsi sebagai workstation tempat menjalankan aplikasi basis data. Client menerima permintaan pemakai, memeriksa sintaks dan generate kebutuhan basis data dalam SQL atau bahasa yang lain. Kemudian meneruskan pesan ke server, menunggu response dan bentuk response untuk pemakai akhir. Server menerima dan memproses permintaan basis data kemudian mengembalikan hasil ke client. Desain sebuah aplikasi yang terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam satu jaringan.






4.Three-Tier Architecture



Tiga-tier arsitektur adalah arsitektur client-server di mana logika proses fungsional, akses data, komputerpenyimpanan data dan antarmuka pengguna yangdikembangkan dan dipelihara sebagai modulindependen pada platform terpisah. Tiga-tier arsitektur adalah desain software pola dan arsitektur perangkat lunak mapan. Tiga tingkatan adalahpresentasi tier, aplikasi tier dan data tier.

1. Techopedia menjelaskan Tiga-Tier Arsitektur
2. Tiga-tier arsitektur adalah kerangka dasar untuk model desain logis.
3. Komponen penting dalam arsitektur three-tier adalah:

 1. PC Client
 2. 
Aplikasi server
 3. 
Database server

Arsitektur three-tier memungkinkan salah satu dari tiga tingkatan untuk ditingkatkanatau diganti secara independen. User interface diimplementasikan pada PC desktop dan menggunakan antarmuka pengguna grafis standar dengan modul yang berbedaberjalan pada server aplikasi. Sistem manajemen database relasional pada server database berisi logika komputer penyimpanan data. Tingkatan menengah biasanyamultitier.


Sumber : http://berpikirtentangmu.blogspot.com/2013/03/deskripsi-beberapa-arsitektur-         basis-data.html


0 commenti: